Widget 1

Widget 1

Widget 2

Widget 2

Widget 3

Widget 3

Artikel 1 Blog AMP responsive terbaik di Internet

Saat ini sudah banyak blogger yang mulai melirik AMP sebagai sebuah solusi terbaru untuk mempercepat loading blog melalui hasil penelusuran AMP oleh mesin pencari seperti google.

Bahkan blogger-blogger mastah sudah banyak yang membuat template blog yang mendukung AMP diantaranya ada mas sugeng dengan template VioMagz AMP, Kang Ismet dengan Template AMP HTML, serta Mas Adhy Suryadi dengan Template AMP premium-nya yang dijual berkisar 200.000 IDR melalui blognya di Kompi Ajaib.

Ajib kan?

Meski demikian tidak sedikit perdebatan yang terjadi di antara blogger mengenai lebih bagus mana? Apakah menggunakan template blog yang sudah AMP atau tetap bertahan saja dengan template blog HTML non AMP?

Bung Frangki seorang blogger dari Gorontalo, pernah menuliskan sebuah artikel di blognya yang menyatakan bahwa dia saat ini lebih memilih menggunakan template blogger yang belum support fitur AMP. Alasan yang mendasarinya ialah sebagai blogger dia masih terbiasa dan ketergantungan menggunakan widget-widget pendukung di blognya. Jika menggunakan AMP belum semua widget bisa support dan valid AMP terutama bagi blog yang menggunakan platform dari blogger atau blogspot.

Banyak yang mengalami dilema, serta bingung memutuskan mana yang terbaik untuk blognya. Oleh karena itu, menulis postingan ini saya sangat berusaha untuk bisa berdiri sebagai penengah dan membiarkan teman pembaca, supaya dapat memutuskan sendiri hendak terjun ke AMP atau tetap menggunakan blog dengan template yang belum AMP. (Khusus bagi pengguna blog platform blogger.com)

Lebih Bagus Mana, Blog AMP ataukah Non-AMP?
Sebelum lanjut, mungkin ada yang masih bertanya-tanya tentang --apa itu AMP?

Google AMP atau AMP yang merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages adalah sebuah proyek open source dari google untuk membantu para publisher atau webmaster dalam membuat halaman web versi mobile memiliki loading halaman di hasil penelusuran google menjadi super cepat yang dianalogikan secepat kilat.

Halaman blog AMP terdiri dari 3 Komponen, diantaranya:

AMP HTML
AMP HTML adalah HTML biasa dengan beberapa batasan penggunaan tag dan terdapat beberapa custom tag khusus untuk halaman yang mendukung AMP.

AMP JS
AMP JS adalah JavaScript library yang berfungsi memastikan halaman AMP bisa berjalan dengan baik dan supaya bisa memiliki akses yang cepat dan stabil.

AMP Cache
AMP Cache adalah cache yang disediakan mesin pencari (google) untuk menyimpan halaman-halaman AMP agar dapat diakses pengunjung menjadi super cepat, secepat kilat.

Add your comment Hide comment